Kesehatan

Apa Itu Kanker Rahim dan Cara Pengobatannya

Apa itu penyebab kanker serviks? Kanker ini juga dikenal sebagai kanker rahim.

Rahim terletak di perut bawah wanita dan memiliki lapisan yang disebut lapisan endometrium.

Tentang kanker: Kanker adalah penyakit di mana sel-sel abnormal di tubuh mulai tumbuh, membelah dan berkembang biak dengan cara yang tidak terkendali. Sel-sel abnormal ini kemudian menyerang dan menghancurkan jaringan sehat, termasuk organ.

Dengan kanker rahim, sel-sel abnormal tumbuh, membelah dan bereproduksi tak terkendali di lapisan endometrium (atau di dinding otot rahim), dan kemudian membentuk tumor kanker. Di mana tumor kanker ganas (berbahaya), sel-sel kanker kemudian dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui aliran darah.

Gejala Gejala kanker rahim meliputi:

Periode lebih berat dari biasanya

Perdarahan pasca menopause

Perdarahan antar periode

Nyeri perut bagian bawah

Nyeri punggung dan juga rasa sakit di kaki

Penurunan berat badan

Kehilangan selera makan

Lebih sering buang air kecil

Keputihan vagina

Nyeri saat berhubungan seksual

Mual

Kelelahan

Perasaan umum tidak sehat

PenyebabMeskipun penelitian medis di seluruh dunia, penyebab pasti kanker rahim berkembang belum diketahui. Namun, Anda dianggap berisiko lebih besar mengembangkan kondisi ini jika Anda:

kelebihan berat badan atau obesitas

mengalami menopause terlambat

telah memiliki Terapi Penggantian Hormon (HRT)

menderita diabetes

telah menderita kanker payudara

telah menjalani radioterapi ke area panggul

Diagnosis Jika Anda menderita gejala yang disebutkan di atas, buat janji dengan dokter Anda segera. Setelah mengambil riwayat kesehatan Anda dan menanyakan beberapa pertanyaan tentang gejala Anda, dokter umum Anda dapat melakukan pemeriksaan fisik singkat, untuk memeriksa kelainan apa pun. Untuk mendapatkan diagnosis kanker rahim yang dikonfirmasi, Anda akan dirujuk ke spesialis untuk tes.

Efek pada kehidupan Anda Menjadi terdiagnosis kanker rahim bisa menjadi pengalaman traumatis dan mengejutkan secara emosional, dan kebanyakan orang segera melihat skenario paling hitam.

Melalui konsultasi Anda akan didorong untuk mengajukan pertanyaan apa pun, bahkan jika Anda takut mereka mungkin tampak sepele bagi orang lain (jika mungkin, disarankan untuk mengambil seseorang yang secara emosional kuat dengan Anda untuk konsultasi Anda, untuk bertindak sebagai pendukung).

Spesialis perawat kanker disesuaikan untuk menanggapi pertanyaan Anda dan akan memahami kebutuhan Anda.

Kanker rahim jelas akan memiliki dampak besar pada kehidupan Anda. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa, bagi banyak wanita, ada kehidupan setelah kanker rahim.

Perawatan Ada beberapa pilihan perawatan untuk kanker rahim. Ini termasuk:

Histerektomi – di mana rahim diangkat dengan pembedahan.

Radioterapi – pancaran radiasi energi tinggi difokuskan pada area kanker rahim, tujuannya adalah untuk membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor kanker, dan mencegah penyakit menyebar ke bagian lain dari tubuh. (Catatan: dengan perawatan kanker rahim, kadang-kadang radioterapi diberikan secara internal – bahan radioaktif ditanam di rahim dalam upaya untuk menghancurkan sel kanker).

Kemoterapi – di mana agen kimia / obat diberikan untuk membunuh sel kanker.

Catatan: Jika perawatan lain terbukti tidak berhasil dan tumor kanker di dalam rahim kembali, Terapi Hormon dapat dipertimbangkan. Dalam bentuk cair atau tablet, progesteron buatan dapat diresepkan karena ini telah terbukti memperlambat perkembangan kanker rahim (dalam beberapa kasus).

Jenis perawatan kanker yang direkomendasikan kepada Anda akan tergantung pada stadium kanker Anda.

Saran & DukunganCancer Research UKTel: 020 7121 6699, 020 7242 0200Situs:

Macmillan Cancer SupportTel: Helpline 0808 800 1234 (telepon gratis) Tel: 020 7739 2280 (tarif standar) Situs web:

Informasi dan saran ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran dokter atau ahli kimia Anda. Chemist Online juga tidak bertanggung jawab atau bertanggung jawab atas diagnosis yang dibuat oleh pengguna berdasarkan konten situs web Chemist Online. Chemist Online juga tidak bertanggung jawab atas isi situs internet eksternal apa pun yang terdaftar, juga tidak mendukung produk atau layanan komersial apa pun yang disebutkan atau disarankan di salah satu situs tersebut.